FAQ

1. Apakah Credit Union itu?

Credit Union berasal dari dua istilah berbahasa Latin, yaitu credit dan union. Istilah credit dari kata kerja credere, artinya percaya, mempercayai. Sedangkan union adalah unio, artinya kesatuan, kumpulan. Jadi, Credit Union artinya kesatuan atau kumpulan orang-orang yang saling percaya. Bukan kumpulan uang.

Sebagai lembaga keuangan, CU Mandir ididirika ndari, oleh, dan untuk anggota. Anggota sebagai penabung, peminjam, sekaligus pemegang saham. Dalam hal ini anggota turut bertanggungjawab terhadap keberlangsungan CU Mandiri. Setiap Credit Union mempunyai visi dan misinya masing-masing dan bersepakat untuk membentuk suatu lembaga keuangan sebagai sumber modal bersama.

2. Bagaimana CU Mandiri?

CU Mandiri sebagai lembaga keuangan memiliki dua sisi, yaitu: sisi bisnis dan sisi gerakan. Sebagai lembaga profesional, bisnis yang dijalankan adalah bisnis kredibilitas. Maka, CU Mandiri akan dikelola secara transparan dan akuntabel demi menjadikan dirinya sebagai lembaga yang berkualitas (the qualified brand image).

3. Bagaimana keanggotaan CU Mandiri?

Keanggotaan CU  Mandiri ada dua, yaitu: Anggota (dewasa) dan Anggota Luar Biasa (ALB). Syarat menjadi anggota sangat mudah. Hak dan kewajiban anggota juga sudah diatur dalam Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

4. Keuntungan apa yang didapat dengan menjadi anggota CU Mandiri?

Selain simpanan dan pinjaman yang bisa dinikmati anggota, ada beberapa keuntungan lain yang akan dinikmati. Misalnya, Dana Sosial, Asuransi (Permataatau Daperma). Selain itu, anggota bisa secara aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan edukasi yang diselenggarakan setiap tahunnya.

5. Apa saja produk CU Mandiri?

Produk yang ditawarkan CU Mandiri sangat variatif. Anggota dapat menentukan pilihan sesuai kebutuhan. Mulai dari produk simpanan, pinjaman, bahkan setiap tahunnya akan terus dilakukan inovasi produk baru sebagai bentuk apresiasi kami kepada Anggota. Bunga yang ditawarkan pun sangat kompetitif. Semuanya itu karena kami ingin mendekatkan pada kebutuhan anggota.

6. Apakah Permata dan Daperma itu?

Setiap orang membutuhkan adanya perlindungan bagi dirinya. CU Mandiri berusaha melindungi Simpanan dan Pinjaman Anggota melalui produk Asuransi Permata untuk wilayah Jawa Timur dan Asuransi Daperma untuk wilayah Jawa Tengah.

7. Bagaimana cara pengajuan pinjaman di CU  Mandiri?

Untuk pengajuan pinjaman, Anggota perlu mengisi formulir permohonan pinjaman. Namun sebelumnya, jika diperlukan, Anggota dapat berkonsultasi melalui staf kami mengenai pinjaman yang akan diajukan. Pada prinsipnya, CU Mandiri tidak ingin menyusahkan anggota.

8. Bagaimana sistem bunga pinjaman di CU  Mandiri?

Ada tigajenis yang kami tawarkan, yaitu: bunga menurun (efektif), bunga tetap (flat), dan bunga menurun namun pembayaran tetap tiap bulannya (anuitas). Setiap jenis bunga yang dipilih berbeda dalam ketentuan mau pun sistem pembayaran  (lihat kalkulator pinjaman).

9. Apa itu Pendidikan Dasar Anggota?

Salah satu pilar CU Mandiri adalah Pendidikan. Maka, sebelum menjadi anggota penuh, syarat utama yang harus diikuti adalah Pendidikan Dasar Anggota (PDA). Dalam kegiatan pendidikan ini, anggota dapat mengenal lebih dekat CU Mandiri serta produk-produk yang ada di CU Mandiri. Anggota dibantu pula dalam menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Keluarga (APBK).

10. Kenapa menjadi anggota CU Mandiri harus ada penjamin dari anggota lain?

CU Mandiri adalah milik anggota. Anggota ikut berpartisipasi dalam menjaga keberlangsungan lembaga. Partisipasi ini bisa dilakukan dengan menjadi penjamin bagi anggota lain demi suatu kelancaran tanggungjawab atau kewajiban dari anggota yang dijaminnya.

Fungsi Penjamin:

  • Memberi referensi secara obyektif
  • Membantu kelancaran pembayaran kewajiban
  • Ikut serta dalam penyelesaian pinjaman bermasalah atas anggota yang dijaminnya

Yang bisa menjadi penjamin:

  • Anggota dewasa yang tidak pernah lalai menjalankan kewajibannya
  • Tidak ada hubungan darah dan/atau saudara semenda sampai derajat ke-2.

11. ApaituSurplus Hasil Usaha?

Surplus Hasil Usaha (SHU) adalah surplus atau keuntungan usaha selama satu tahun yang dibagikan kepada anggota sebagai balas jasa simpanan maupun pinjaman Anggota.

12. Apakah Rapat Anggota Tahunan itu?

Pemegang kekuasaan tertinggi dalam CU Mandiri ada dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT). Dalam RAT, Pengurus mempertanggungjawabkan kinerja selama satu tahun dan Pengawas melaporkan hasil pemeriksaan.

Rapat Anggota berwenang memutuskan kebijakan menyangkut: Rencana Anggaran dan Pendapatan Belanja, PolaKebijakan, danRencanaKerjaPengurusdanPengawas.

Keputusan itu dinyatakan sah jika memenuhi quorum  (50% + 1) dari jumlah yang hadir (menurut AD/ART).

Mengingat anggota CU Mandiri semakin berkembang, maka demi efektivitas jalannya rapata nggota sejak tahun 2010 sudah dilakukan rapat sistem perwakilan. Artinya, aspirasi anggota diwakili oleh koordinator wilayah yang terpilih.

13. Di mana saja dapat ditemukan kantor atau Tempat Pelayanan (TP) CU Mandiri?

  • Kantor Pusat CU Mandiri
    JalanPanjaitan No 62 C
    Probolinggo, JawaTimur
    Email: kopdit_mandiri@yahoo.co.id
    Telp. 0335-422630; Fax. 0335-431015
  • Kantor CU Mandiri TP Probolinggo
    JalanPanjaitan No 62 C
    Probolinggo, JawaTimur
    Telp. 0335-422630; Fax. 0335-431015
    HP. 081 249 401 697
  • Kantor CU Mandiri TP Kraksaan
    JalanPanjaitan No 8 B
    Kraksaan-Probolinggo
    JawaTimur
    Telp/Fax. 0335-842609
    HP. 0812 3329 8090
  • Kantor CU Mandiri TP Jember
    JalanLetjenSutoyo 12
    Kebonsari
    Jember, JawaTimur
    Telp. 0331-336078
    HP. 081 249 65 8000
  • Kantor CU Mandiri TP Banyuwangi
    JalanSoetomo A2, Blambangan
    Banyuwangi, JawaTimur
    HP. 0821 3221 6661
  • Kantor CU Mandiri UP Mojokerto
    Jalan Gajah Mada66 B
    Mojokerto, JawaTimur
    HP. 0812 345 13013
  • Kantor CU Makmur TP Magelang
    Ruko Armada Estate A1/10
    Magelang Utara
    Magelang, Jawa Tengah
    Telp/Fax. 0293-313841