Orang Lain Menjadi Bagianku

Jiwa sosial  tak pernah lepas dari  Suster  Margaretha SPM (67 th). Sejak kecil orangtuanya telah mendidik untuk banyak terlibat di masyarakat. Ayahnya sering  mengajaknya untuk pelayanan sosial kemasyarakatan. Dari situ Margaretha  kecil mulai jatuh hati pada pelayanan sosial. ”Orang lain menjadi bagianku. Sehingga, aku  menyediakan diri  dengan penuh kerelaan,” ungkap Suster  Margaretha.

Tahun 2008, Suster Margaretha SPM mengembangkan karya sosial pastoral di Lumajang.  Melakukan pendekatan kepada masyarakat sekitar. Ia membaur, berinteraksi, dan menjadikan diri sebagai seorang sahabat bagi orang lain. Dengan menjadi bagian itulah Suster Margaretha melihat bahwa masyarakat membutuhkan mitra untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

 Inilah awal kedekatan Suster Margaretha dengan CU Mandiri. Ia mempelajari visi dan misi CU Mandiri, lalu melihat bahwa CU Mandiri  bisa mendampingi serta menjadi jaminan masa depan bagi masyarakat dan menjadi mitra anggota.

Suster Margaretha mengakui bahwa  awalnya tidak mudah mengajak  orang untuk menabung. Dengan sederhana dan tekun, ia mengajak orang lain terlibat dan menjadi contoh. Anggota mulai berani meminjam untuk sesuatu yang produktif. Kini keanggotaan di Lumajang dan Pronojiwo sudah mencapai 70 orang dan calon anggota sekitar 30 orang.

“Senang melihat orang lain lebih sumringah karena apa yang dicita-citakan tercapai,” pungkasnya. (Eka)

Baca juga:


Jika Anda tidak online FB, silahkan tinggalkan komentar disini: