Hal-hal yang Perlu Demi Citra Lembaga yang Berkualitas

Begitu mendengar nama seseorang atau lembaga tertentu, secara otomatis dalam benak kita akan muncul gambaran kesan tentang pribadi atau lembaga tersebut. Kiranya itulah yang sering disebut brand image, citra diri menyangkut pribadi atau lembaga. Dan, ketika berbicara tentang citra diri, tentu setiap pribadi atau lembaga bermimpi ingin memiliki citra positif, citra yang berkualitas.

Seperti apakah gambaran citra lembaga yang berkualitas? CU Mandiri menggambarkan bahwa citra lembaga berkualitas adalah lembaga yang berkarakter jujur, bersikap humanis, berorientasi pada masa depan, dan menghidupi spirit community of life.

Fondasi

“Sikap jujur adalah fondasi bagi segala tahapan lain,” ungkap Ketua Pengurus CU Mandiri, Dwi Astuti. “Jika sikap jujur tidak tercipta, jangan pernah berharap bisa terjalin hubungan humanis yang baik antarinsan CU Mandri. Begitu pula, spirit community of life takkan bisa dirasakan,” jelasnya.

Secara terpisah, GM CU Mandiri, Sr. Linda, SPM, menjelaskan pengertian humanis. Menurutnya, nilai humanis mengarahkan pribadi untuk semakin menghargai diri sebagai manusia yang bermartabat dan bernilai luhur di hadapan Allah. Perjuangan untuk mengangkat kesamaan martabat manusia ini diupayakan dengan gerak menaikkan dan gerak menurunkan.

“Maksudnya,” jelas Sr. Linda. “Mereka yang merasa diri kecil, miskin, tidak berdaya, mengupayakan dalam dirinya untuk menjadi bangga akan dirinya. Toh mereka ini sama-sama makhluk mulia di hadapan Allah. Sementara mereka yang merasa di atas, berkuasa, kaya, mengupayakan dalam dirinya sikap kerendahan hati, solider, dan rela berbagi.”
“Itulah kemiskinan yang bermartabat,” simpulnya.

Serentak

Semua karakter yang dibutuhkan demi mencapai citra lembaga yang berkualitas tersebut mesti menjadi gerakan bersama, baik manajemen, pengawas, pengurus, ataupun anggota. “CU Mandiri ini akan menjadi besar. Maka, pentinglah setiap orang memiliki segala karakter positif (yang diperlukan) itu,” imbuh Dwi.

Lebih lanjut Dwi memberi gambaran, kita tidak bisa membebankan kejujuran hanya pada staf saja. Anggota mesti mendukung ini. Misalnya, terkait dengan keterangan saat pengajuan pinjaman, anggota harus memberikan keterangan yang sebenar-benarnya. Demikian juga ketika anggota sudah  mendapatkan pinjaman namun enggan untuk mengembalikan, ada anggota lain yang akan kehilangan kesempatan memperoleh layanan yang memadai.

Akhirnya, dari ulasan ini kita menyadari bahwa banyak hal sederhana dan konkret bisa dilakukan sebagai langkah gerakan bersama ini. Hal-hal inilah yang menunjang dan menopang CU Mandiri agar bisa memiliki citra lembaga yang berkualitas. Citra berkualitasnya CU Mandiri akan tampak dalam wajah kemandirian anggotanya. Yakni, anggota yang bermasa depan jelas secara finansial dan seturut nilai-nilai pemartabatan.


Chrisdianto

Baca juga:

*Nama | 26 Mei 2022 - 09:13:36 WIB
Сериал Мисс Марвел смотреть онлайн <a href="http://bit.ly/ms-marvel-1-8-seriya">с отреть онлайн сериал «Мисс Марвел»</a> Мисс Марвел (2021) смотреть онлайн бесплатно

Jika Anda tidak online FB, silahkan tinggalkan komentar disini: